What “17 Tahun Keatas” do For Others

Apa yang boleh dilakukan oleh anak 17 tahun ke atas tapi tidak boleh jika belum berumur 17? Nope, next guess. Ayo, cari jawaban lain. Think! Think! Think! Yap, jawabannya adalah donor darah.

Donor darah hanya boleh dilakukan dibawah beberapa syarat berikut. Umur diatas 17, tidak mengidap penyakit berat, tidak mengalami operasi beberapa bulan terakhir, tidak sedang flu demam atau pusing, tidur minimal 6 jam. Bagaimana saya bisa tahu hal tersebut? Saya baru saja mendonorkan darah saya, itu jawabannya.

Donor darah ini diselenggarakan dalam rangka 100 tahun gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, atau disingkat GMAHK. GMAHK adalah salah satu denominasi kristen di Indonesia, dan saya adalah salah satu anggotanya. Acara ini dilaksanakan pada bulan puasa, dimana persediaan darah PMI sedang sedikit karena banyak donor yang berpuasa sehingga tidak bisa diambil darahnya.

Apa rasanya? Saya akan berbagi kepada anda. Pertama kita mengisi formulir donor darah sendiri, yang artinya harus sejujurjujurnya. Setelah itu, darah kita dites oleh para dokter, tensi juga diperiksa. Hal ini dilakukan karena jika kita merasa sehat hari itu, belum tentu kita benar-benar sehat. Banyak faktor lain yang menjadi syarat boleh atau tidaknya donor darah. Saya melihat seorang ibu yang tidak diperbolehkan mendonor karena dia mengalami darah rendah. Setelah lulus uji, dan diberikan cap halal #haha maka para pendonor masuk ke ruang tunggu. Setelah giliran kita tiba, kita dibaringkan di sebuah tempat berbaring, nadi atau arteri (saya tidak tahu pasti) kita dicari dan pencoblosan pun dimulai. Tidak sakit. Rasanya seperti biasa saja, kita berbaring dengan tangan terentang dan darah mengalir masuk ke kantong. Oiya, saya masuk ke kategori yang paling rendah didonorkan darahnya yaitu 350cc, karena baru pertama kali mendonor. Ada banyak kategori lain contohnya 450cc, 2 kantong, dll. Setelah terisi penuh, dan saya benar-benar maksud penuh, lubang pencoblosan tadi seperti biasa diberikan kapas dan tangan kita dibengkokkan. Sudah. Thats all. Setelah itu, kita mendapat kaus, makanan kecil, dan buah-buahan. Saya tidak tahu apakah di semua tempat donor darah akan mendapat seperti itu, tapi di tempat saya begitulah adanya.

Perasaan saya setelah melakukan donor darah sangat excited. Darah saya bergolongan O, yang pada dasarnya memang golongan darah para pendonor sejati. Saya pulang dengan tenang, dan lanjut beristirahat lagi.

Ini adalah gambar dari google kantong darah 350cc. Tapi 350 cc itu hanya satu kantong, bukan dua. Saya rasa sangat ajaib bagaimana tadinya darah tersebut mengalir di dalam tubuh saya.

Image

Akhir kata, saya berdoa kepada Tuhan semoga darah saya dapat menolong mereka yang membutuhkan. AMIN.

Leave a Reply

