Hidup itu (Pilihan) Memilih

Saya tadi berbincang dengan Bpk Dr. Tri Desmana Rachmildha, ST.MT mengenai Kuliah Praktek. Beliau adalah dosen dari ITB, dalam prodi Teknik Tenaga Listrik.

Saya dan dua orang teman saya menanyakan tentang bagaimana dan apa tips untuk memilih tempat KP yang cocok, dan bagaimana agar KP yang kita lakukan tidak semata untuk nilai, tetapi dapat menjadi bekal kita untuk melanjutkan kehidupan setelah lulus S1. Saya tidak ingin menjadi pengangguran setelah lulus.

Jawaban dari beliau disampaikan berupa pertanyaan. Itu tergantung, apa tujuan kamu setelah lulus? Dan pertanyaan itu berlanjut menjadi sebuah nasehat yang baik. Tidak ada pilihan yang salah. Yang ada, apakah pilihan tersebut terlihat salah dipandang dari tujuan kita. Misalnya, jika kita tidak ingin menjadi dosen ataupun scientist, dan kita langsung mengambil S2 di bidang teknik setelah lulus dari S1 teknik, itu agak salah. Karena jika kita lebih suka menjadi pekerja kantor dan jabatan yang tinggi, lebih baik mendapat pengalaman kerja dahulu, lalu ambil S2 di bidang bisnis. Walaupun saya tidak berkata bahwa pilihan tersebut salah, karena mungkin saja orang tersebut mendapat beasiswa 100% dan setelah lulus S2 pekerjaannya sudah terjamin, lain cerita.

Nah, intinya, hidup ini harus memilih, kita tidak bisa mendapatkan semuanya. Harus ada calon masa depan yang kita korbankan untuk mengambil masa depan lain yang akan kita jalani. Pilihan tersebut kita dapat buat dengan mudah jika kita tahu tujuan akhir kita apa. Dan harusnya kita sudah menentukan tujuan akhir kita dari sekarang.

Dengan kalimat tersebut, saya kembali termotivasi untuk menggali lebih dalam lagi tujuan hidup saya diluar mencari Tuhan. Saya sejak dahulu ingin sekali menjadi pemilik perusahaan mobil. Dan saya belum terlalu jelas merincikan aspek-aspek lainnya. Dengan post ini, saya akan memulai menggali lagi impian saya. Saya pastikan untuk mem-follow-up hal ini di post berikutnya.

Leave a Reply

