Power Engineering

arti dari Power Engineering adalah Teknik Tenaga, atau biasanya disebut Teknik Sistem Tenaga. Jurusan ini adalah sub jurusan Teknik Elektro yang mendalami tentang pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga elektrik. Alat-alat yang banyak muncul adalah generator, motor, dan trafo. Teknik Tenaga juga berkaitan dengan arus searah dan arus bolak-balik.

Dasar dari teknik tenaga

Dua permasalahan dimana para mahasiswa teknik tenaga selalu berputar, yaitu arus dan tegangan. keduanya dapat bervariasi menjadi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan arus searah dan arus bolak-balik tadi. Semuanya berharap untuk diselesaikan oleh para insinyur teknik tenaga.

Kulkas, AC, pompa, dan mesin-mesin industri biasanya menggunakan arus bolak-balik, sedangkan peralatan elektrik seperti komputer menggunakan arus searah. Perubahan dari arus searah ke arus bolak-balik, dan juga sebaliknya membutuhkan alat yang dinamakan power adapter.

 

Tenaga

power grid, adalah jaringan elektrik yang menghubungkan berbagai generator elektrik ke pengguna di berbagai daerah. Para konsumen ini membayar listrik dari sambungan jaringan tersebut. Para insinyur teknik tenaga dapat juga mendesain dan melakukan pemeriksaan berkala pada  power grid ini.

Pada dewasa ini, power grid memakai sistem tiga fasa dengan arus bolak-balik. Alasan digunakannya sistem ini karena dapat menekan kebocoran daya yang terjadi.

Trafo berperan penting pada transmisi daya. Hal ini disebabkan karena tegangan yang masuk ke trafo dapat diubah menjadi lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Tegangan yang lebih tinggi mendapat lebih sedikit kebocoran daya selama transmisi karena tegangan tinggi membutuhkan arus yang kecil untuk memindahkan daya yang sama. Arus dapat menyebabkan hilangnya daya dan timbulnya panas. Oleh karena itu sebelum menuju grid, trafo step up digunakan, dan sebelum menuju ke konsumen di perumahan, trafo step down digunakan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s