Beberapa Hal yang Saya Dapat Setelah Melalui Tes Awal Modul 1 MME!

fiuh, akhirnya terbebas dari pertanyaan konsep (apa iya?). 140 halaman (hitung kotor) dan kurang lebih 90 halaman bersih yang terdiri dari 2 bab dan 17 subbab akhirnya terlewati. Setelah melewati 11 jam (4 jam hari pertama, 3 jam pagi hari kedua dan 4 jam sore hari kedua) tes awal dimana para mahasiswa menjelaskan halaman per halaman yang ada di buku dan sang asisten bertanya selayaknya orang yang menguji kemampuan anda. Modul Transformer ini pun dapat diambil datanya BESOK.

Beberapa hal yang saya dapat setelah melalui tes awal ini adalah

  1. Membalik halaman itu berat, anda harus benar-benar mengerti apa saja yang tertulis pada halaman tersebut, terutama tulisan yang memang ditebalkan atau dimiringkan.
  2. Grafik harus dimengerti arti tiap garis, arti fisis, dan juga hal-hal lain yang bisa didapat dari grafik tersebut.
  3. Pertanyaan yang datang dari angkatan yang lebih atas ketika sidak (inspeksi mendadak) memang lebih menyebalkan, tetapi sebenarnya mereka ingin mengarahkan pikiran kita menjadi kritis. Contoh pertanyaan : a. apakah sebenarnya fluks itu? apakah fluks hanya besaran perhitungan? b. kenapa dimodelkan paralel? c. isolasi dan insulasi itu apa? dan masih banyak hal yang tidak ada di buku tetapi sebenarnya menarik.
  4. Makan dan minum (kalau minum sebenarnya boleh sambil tes awal) terlebih dahulu. Kekuatan anda benar-benar terkuras. Trust me.
  5. Gunakan waktu timeout untuk rileks dan merefresh ingatan anda. Sebaiknya beri target awal sampai dimana kelompok anda tidak akan timeout, dan batas dimana sebaiknya kalian timeout dahulu daripada menghabiskan waktu berdiskusi tanpa arah. Pada saat timeout, jangan buru-buru, cermati lagi halaman yang walaupun anda sudah lewati namun ragu-ragu, dan pelajari bahan selanjutnya agar anda tahu kemana arah pertanyaan berikutnya, karena setelah timeout asisten menganggap anda harus lebih mengerti.

Saya rasa poin-poin diatas cukup berguna untuk diperhatikan. Sepanjang perjalanan prkatikum ini, saya akan terus memperkaya pengetahuan anda!

Kritis adalah sifat dasar engineer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s