TTT vs MME

Praktikum MME memang sangat memakan waktu, apalagi ketika praktikum Teknik Tegangan Tinggi yang bermarkas di PLN dimulai. Konon katanya kedua praktikum ini tidak akan bertabrakan, dan memang setelah melalui 2 modul TTT, semuanya bebas hambatan.

Praktikum TTT berbeda dari praktikum MME yang memakan waktu minimal 2 hari dan normal 3 hari. Kalau praktikum TTT, pasti selesai 1 hari, bahkan 3 jam maksimal. Terlihatkah bedanya? Kalau belum, mari saya perjelas. Laporan MME rata-rata 6-7 halaman, sedangkan laporan TTT hanya 3 halaman maksimal.

Walaupun demikian, praktikum ini tetap tidak boleh dianggap enteng, karena pelajarannya sangat menarik! Apakah anda pernah merangkai konduktor seberat 1 kg per bagiannya? Ya, karena tegangan yang dipakai termasuk tinggi, maka isolasi dari komponen komponen rangkaian di Lab ini sangat diperhatikan. Bahkan, sebelum menjalankan alat, rangkaian yang akan dicoba harus dikerangkeng dahulu, dan lampu indikator percobaan menyala. Tenang, bagi kalian yang merasa takut, sebenarnya ini tidak berbahaya, karena SOP pengamanan di laboratorium sudah jelas dan terpampang di sekitar lab. Dan para asisten (lebih dari satu) pasti akan menjelaskan dengan baik, karena gaji mereka dipertaruhkan disini. Bagi kalian yang merasa bergairah/tertantang/challange accepted mendengar hal ini, tunggu saja tanggal mainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s