And its over

Tidak terasa sudah satu semester lagi saya lalui di tempat perkuliahan yang – kata orang bergengsi – ini. Semester 5 sudah selesai. Sekarang saya akan memasuki masa liburan menuju semester 6, dan setelah itu merasakan kerja praktek, lalu masuk ke tahun keempat. Waktu tidak berjalan, ia berlari.

Semester ini dipenuhi banyak kejadian yang mungkin menentukan saya menjadi seseorang yang bagaimana di masa depan nanti. Dari segi pelajaran, kalau dibilang lebih rajin, tidak juga, tapi di semester ini memang dituntut untuk membaca beberapa buku secara mandiri, dan diajarkan merangkum beberapa bab dari buku dan membuat program sendiri. Tidak seperti 2 tahun sebelumnya, semester ini saya lebih banyak belajar tentang jurusan saya, Teknik Tenaga Listrik. Hal itu membuka pikiran saya tentang apa yang saya mau lakukan dan mau jadi apa saya di masa depan. Yang paling dekat, saya menentukan bahwa tidak akan mengambil S2 di bidang teknik lagi, saya ingin mengambil manajemen entah apapun itu dan dimanapun itu, tapi saya berharap luar negeri. Hal lainnya dari segi akademik yang berbeda adalah dosen yang semakin suka-suka. Ya, kebanyakan dosen jurusan ini tidak benar-benar dosen. Dosen adalah pekerjaan kedua mereka, pekerjaan pertama adalah seorang ayah atau kerja proyekan. Banyak yang lebih mementingkan keluarga, dan proyeknya.

Dari segi nilai, sangat besar kemungkinan turun, tapi mudah-mudahan tidak terlalu banyak, dan masih diatas nilai harapan saya. Mata kuliah yang nilainya tidak tahu turun dari mana sangat banyak semester ini, itu membuat saya menyerahkan semuanya pada yang di atas. Cukup mengerjakan semua ujian sebaik mungkin (walaupun kadang pasrah), dan menunggu nilai keluar. oiya, perlu anda tahu, saya tetap ikut KKR walaupun ujian, rasanya memang seperti menantang Tuhan, tapi saya tahu pasti dia akan memberi jalan terbaik bagi saya. Ingat Matius 6:33.

Semester ini juga saya menjadi seseorang yang memimpin organisasi. Saya akui saya cukup “berani” mengambil keputusan ini, tapi ini adalah pilihan massa, sehingga saya merasa harus bertanggung jawab menjalankan amanah ini. Sampai sekarang saya rasa kinerja saya biasa saja, belum ada gebrakan-gebrakan yang wah. Banyak sekali tantangan yang datang, walaupun seharusnya saya tahu hal ini pasti datang. Tapi selama ini saya masih mempunyai teman-teman yang berjuang bersama saya, menemani saya memilih keputusan-keputusan di banyak kondisi. Untuk hal menejemen dan pembagian waktu sangat banyak ilmu saya yang bertambah. Tapi di liburan ini, saya ingin fokus kembali mengonsep dari awal, karena semenjak beberapa minggu ini, fokus saya terbagi antara ujian dan organisasi, sehingga kurang maksimal. Akan ada acara besar tahun depan, dan saya penanggungjawabnya. Bagaimana rasanya? Bingung. Sangat banyak yang harus diperhatikan, tetapi sangat banyak hal lain yang menuntut diperhatikan. Inilah susahnya organisasi yang kumpul cuma 2-3 hari seminggu, dan bahkan beberapa minggu sekali bertemu dengan sebagian orangnya. Mudah-mudahan liburan ini, Tuhan membantu menunjukkan ide-ide, cara-cara, agar semuanya berjalan baik, semua demi kemuliaan nama-Nya, karena sekarang saya punya kesempatan untuk sekalian membagikan kepercayaan saya pada mereka.

Semester ini tidak lengkap kalau tidak menceritakan keajaiban Tuhan di 5 minggu terakhir. Post berjudul “god will make a way” sebenarnya adalah rangkuman dari 2 dari 5 minggu tersebut. Selebihnya, saya merasakan berkat Tuhan hari ke hari, dimana saat ujian, kepala saya selalu pusing, tapi tidak sampai jatuh sakit. Saya teringat kejadian 2 tahun lalu dimana saya sakit demam berdarah saat minggu ujian seperti ini, sangat melelahkan dan harus datang mengikuti ujian susulan saat liburan. Puji Tuhan kali ini tidak. Dan saya berterima kasih karena Tuhan menunjukkan hal yang saya nanti-nantikan dari semester 4. Memang benar berdoa tanpa bertindak tidak akan menghasilkan apa-apa. Detail tidak dapat diceritakan, karena seseorang bernama Billy berhasil menemukan blog ini dan menyebarkannya. Sudahlah, belum pasti juga, tidak boleh terlalu berharap, tapi jangan sampai jatuh ke tangan orang lain juga. Oke sebelum tertulis yang tidak diinginkan mari kita ganti topik.

Semakin meninggalkan masa remaja. Saya sudah jarang bermain game komputer, walaupun dulu juga jarang, tapi semester ini jauh lebih jarang. Untuk hal menonton tv saya masih suka nonton bola, selalu, dan saya rasa ini hanya bisa berkurang sampai “hanya menonton MU bertanding”. Untuk acara TV lainnya, lebih sering menonton Discovery Channel dan National Geographic, karena kadang lumayan menambah ilmu di bidang engineering. Selebihnya, tidak pernah nonton film di tv, tidak nonton bioskop (wah baru sadar sudah sampai umur satu semester tidak berbioskop), tapi masih mengikuti beberapa tv series lewat download ilegal. Sebenarnya lebih ke hiburan, karena lebih banyak genre komedi, contohnya How I Met Your Mother yang memasuki season terakhir, Walking Dead yang selalu jadi perbincangan teman, Family Guy dan Big Bang Theory yang menjadi hiburan pribadi, Arrows yang bercerita tentang pahlawan memakai senjata panah, Alphas yang sudah kelewatan jauh belum ditonton lagi, Everybody loves Raymond komedi keluarga yang sangat pintar dan klasik. Tidak lupa sebuah drama korea My Girlfriend is A Gumiho, hasil MLM film Juan Josua. Beberapa judul lain seperti Mythbusters, Sword Art Online yang hanya nonton beberapa. Yap, sepertinya itu saja, ternyata banyak juga. Harus dikurangi. Tapi. Sudahlah.

Dalam hal olahraga, perut semakin berat, karena jarang bersepeda, apalagi musim hujan ini. Rencana lari Saraga sudah lebih sering, tapi masih jarang. Berenang, sudah mulai, tapi baru 2 kali selama satu semester ini. Push-up harian, yap, tidak berjalan sama sekali. Mungkin yang bertambah frekuensinya adalah futsal. Itu yang menghambat bertumbuhnya perut ke depan, walaupun tidak seefektif lari dan berenang. Liburan, fix ditingkatkan. Semester depan juga. Janji pria.

Sekarang tanggal 21, yang katanya adalah kiamat orang Maya. Kiamatnya juga “maya” sepertinya. Baguslah, harusnya banyak orang yang sadar dan mencari kebenaran yang benar-benar benar sejak hari ini.

Lebih baik kita futsal hari ini. Dan sorenya ke gramedia, lalu kita pergi KKR lagi. Hasta la Vista!

Leave a Reply

