Old Old yet Inspire

Tua tua tapi menginspirasi. ya, terjemahan kasar otak liburan.

Opung saya sudah 97 tahun menuju 98. Tapi masih tegap berdiri, masih lancar berbicara, dan tidak pakai kacamata, walaupun sebenarnya susah membaca dan harus pakai kaca pembesar. Tapi di usianya yang besar, ternyata ia mempunyai masalah juga

Kemarin saat tahun baru kami sekeluarga besar berkumpul di rumah opung ini, yang adalah salah satu rumah anaknya. Tiba-tiba opung berdiri dan berkata, “saya ingin berbicara sebentar, tolong dengarkan. Saya punya masalah di telinga ini, tiba-tiba pendengaran saya hilang, padahal harusnya tidak begini. Saya ingin didoakan oleh Nainggolan dan Simanjuntak (menunjuk ayah saya). Saya ingin kita semua berdoa agar telinga saya bisa mendengar lagi, doa yang khusus, malam ini.” Lalu dengan senang hati kedua orang yang ditunjuk khusus tadi berdoa untuk opung.

Opung memang sudah tua, tapi masih sering ke gereja dan rajin. Tapi semenjak pendengarannya berkurang, beberapa bulan ini, opung jadi jarang ke gereja, karena dia tidak bisa dengar apa-apa lagi yang dikhotbahkan. Dia sedih, dia kesal, sampai dia bertanya terus pada Tuhan, ‘kenapa engkau ambil pendengaran saya Tuhan’, mungkin dia lupa bahwa memang penyakit itu datang karena usia.

Tapi disini saya melihat semangat. Semangat hidup opung ini memang besar. Dia ingin pendengarannya kembali (amin Tuhan, tolong jawab doa opung ini), agar dia bisa kembali ke gereja dengan senang, dan ikut dalam pembicaraan keluarga besar kami dan memberi nasihat yang sesuai. Sekarang jika kami ingin berbicara dengan opung, harus dekat-dekat. Kadang kami memang harus dekati telinga opung ini.

Tuhan, tolong dengar doa opung. Dan jika Kau berkehendak semoga opung masih bisa melihat saya wisuda, bahkan menikah. Amin.

Leave a Reply

