Suku Maya

Kutipan dari blog seorang komik (stand up comedian).

…Pertama, dari yang saya baca, Suku Maya diperkirakan hidup sekitar 5000-an tahun yang lalu. Kedua, “kalender” suku Maya yang kita temukan itu berupa lingkaran pipih batu raksasa dengan penanggalan yang dipahat; dan siklusnya habis di Desember 2012. Ketiga, kita menemukan ini, melihat ini lalu langsung berasumsi bahwa Desember 2012 adalah akhir jaman. Kiamat? Oh ya? Mari berpikir.

 

Kalender ini BATU. Kalender batu ini BESAR. Dan kalender batu besar ini -jika belum cukup menakjubkan bagi kalian- DIPAHAT. Saya memang tidak tahu preferensi perkerjaan kalian bagaimana, apa yang kalian lakukan saat weekend, apa kalian rutin mengganti celana dalam kalian, dan memang sejujurnya ketiganya bukanlah urusan saya sama sekali. Tapi kalau saya hidup 5000 tahun yang lalu, dan pekerjaan saya adalah pemahat kalender batu, percayalah,

 

Di satu titik saya akan lelah memahat kalender. Gila apa lo.

“Man, Gua kelar! Cukup! Bodo amat, ini liat ini kalender! Gua udah ngerjain sampe Desember 2012! DESEMBER DUA RIBU DUA BELAS! Ini kalender bisa mereka pakai sampai 5000 tahun!! Apa gunanya juga gua lanjutin? Siapa juga yang masih nginget gua sebagai pemahat kalender ini nantinya? I’ve done my part! Bodo amat gua tinggal ini kalender, gua cari kerjaan lain aja. Kalo sampe tahun 2012 mereka belum juga menemukan cara untuk ngelanjutin ini kalender, then fuck them. Mereka gagal sebagai manusia beradab. Bukan salah gua. Udah ah, makan siang aja yuk.”

 

Itu, atau bisa jadi pembuatan kalender pada masa itu menjadi begitu monoton karena bikini belum diciptakan dan tidak ada perempuan suku Maya yang mau memakainya lalu berpose seksi di atas kendaraan dan dimanfaatkan untuk jadi kalender.

Suku Maya bukan meramalkan kiamat, kawan. Mereka hanya mengalami downsizing di bagian produksi kalender…

http://adriandhy.tumblr.com

Leave a Reply

