Jadi semester ini Topiknya Menulis.

Semester 6 yang sebenarnya baru saja dimulai. Kenapa? Padahal udah mau maret. Karena praktikum baru dimulai. Ya, di jurusan gw ini yang menegangkan ya praktikumnya. Nilai mah banyak turun dari langit (sisanya pinter-pinteran bagi waktu belajar).

Praktikum Tenaga Elektrik II. Yang disingkat PTE 2. Ini merupakan lanjutan dari PTE 1 (yaiyalah) yang terbagi menjadi Praktikum MME yang mengenalkan mesin-mesin elektrik yang sudah lupa lagi dan Praktikum TTT yang mengenalkan banyak istilah baru. PTE 2 ini terbagi menjadi Praktikum Elektronika Daya (Elda) yang sangat berbeda dengan praktikum Elektronika nya Elektro dulu dan Praktikum Analisa Sistem Tenaga (AST). Elda itu isinya sinyal sinyal tak berbentuk yang ga masuk klasifikasi sinus cosinus dan sebagainya. Kalau AST itu isinya pemrograman ETAP, yang jadi program buat ngatur kelistrikan se-Jawa-Bali juga.

Trus apa hubungannya sama menulis? Ya, Jadi Tugas Pendahuluan tiap praktikum memang menjadi legenda. TP Elda kurang dari 24 jam, disuruh ngerjain 30 nomer per modul. Sekali kasih 2 modul. Jadi brapa anak-anak? yap betul 50-60 soal lah totalnya. Apa bisa? Kalau sendiri ya nyerah aja lah, kalau rame-rame bisa. Bisa begadang. TP Elda ini dikasih 2 kloter, jadi selang 1 bulan. Dan TP AST tahun ini dibagi jadi per modul, jadi tiap 2 minggu sekali dikasih. Dan walaupun soalnya lebih sedikit dari TP Elda, tapi tetep nyampe 20, dan waktunya juga tetep kurang dari sehari, TP AST ini harus direvisi minimal sekali. Jadi setelah ngerjain, dikumpul. asistennya meriksa, ditandain yang harus direvisi, dibalikin lagi, disuruh kerjain lagi, besok kumpul lagi. Beh. Tangan kekar.

Selain itu, tiap modul praktikum kan harus ada laporan praktikum. Dan Power memang menyongsong tinggi “Laporan Praktikum Tulis Tangan”. so fun!

Terakhir (mungkin), Mata kuliah yang nilainya berdasarkan banyaknya catetan kita. Sistem Kendali. Minimal nyape buku catetan ke 3 yang masing masing 40 lembar baru bisa dapet A. Walaupun dosen ini mendukung gerakan “Nilai Minimal BC”, tapi ya akhirnya nilai itu dibayar sama nguli nyalin catetan tahun lalu.

I’ll show you my seriousness.

Jadi, mungkin gw bakal jarang nulis di blog ini, karena udah keseringan nulis di dunia nyata. Banyakin post bentuk foto aja deh ya semester ini. Atau Video.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s