Are You Smarter than Your Smartphone

Akhir- akhir ini sering sekali terjadi kebakaran di Jakarta. Yang saya dengar, paling terbaru adalah kebakaran di Taman Harapan. Mungkin memang belum dapat dibuktikan, tapi saya berpendapat bahwa hal ini ada kaitannya dengan perubahan lifestyle masyarakat juga. Lifestyle tersebut adalah komunitas cas hape.

Fenomena smartphone, bukan hanya membuat orang menjadi tak sadar sekitar (gambar 1), generasi menunduk (gambar 2), seperti yang digambarkan dalam film Republik Twitter, namun juga menambah list barang bawaan yang harus dibawa setiap saat, charger dan kabel data, dan untuk beberapa orang, power bank (gambar 3).

0723_chinasmartphones_630x420

Gambar 1

74111

Gambar 2

3cee22fbe90441aeee10e6d3dfffd317_l

Power Bank

Selain bekerja mencari makan, dimana-mana, masyarakat sekarang mencari lubang (gambar 4). “Wah asik ada yang kosong” “Numpang ya” “Pinjem dong, buat nyolok” “gantian ya kalau udah selesai” “gw duluan dong, udah merah nih”, adalah kalimat-kalimat tak bersubjek ataupun objek, tapi sudah sangat dimengerti oleh segala kaum pada zaman ini. Setiap orang yang membawa charger (terutama yang ujungnya cocok untuk BB ataupun Samsung) adalah seperti malaikat di siang bolong. Tapi, seringkali kepintaran teknologi melampaui kepintaran pemakainya, sehingga tidak jarang ditemukan kejadian “cabut satu, tambah tiga” yang kadang tak masuk akal (gambar 5).

P1000348

Lubang Colok

8d19x26l

Cabut satu tambah 3

Nah, sekarang, inilah penyebabnya, bukan hanya bahwa kita harus mencabut kabel yang sudah dipakai (gambar 6), menggunakan kontak yang ada tombol on off nya (gambar 7), tapi kita harus tahu berapa kapasitas arus maksimal tiap kabel, dan colokan yang ada di rumah kita. Bagaimana mengetahuinya? ada label yang tertera pada tiap kabel, dan arus maksimal tiap rumah juga berbeda bergantung kepada daya rumah tersebut, dan pemakaian listrik yang sedang running.

2

cabut

170778_25536814-0039-11e4-8354-00562523fab8

switch

Setiap barang elektronik menimbulkan harmonik, harmonik membuat kabel menjadi panas. Ballast lampu juga menimbulkan harmonik. Semakin banyak non-linear load yang dihubungkan kepada jaringan zaman sekarang ini. Mungkin memang belum terbukti seberapa besar pengaruhnya untuk menimbulkan kebakaran, namun yang saya jadikan poin disini adalah awareness kita. Jangan biarkan perubahan lifestyle tidak diikuti oleh perkembangan pengetahuan dan informasi dasar kita.

Semakin banyak barang yang mampu kita beli, modernisasi rumah kita, hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas supporting system seperti kabel, stop kontak, dan lain-lain.

When I say smarter, I mean wiser.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s