Veg and Geniuses, Or Is It?

sudah beberapa bulan terakhir, mungkin sudah setahun, saya mencoba menjadi vegetarian. Jika tidak di rumah, saya benar-benar menghindari daging, namun di rumah, ikan kadang masih masuk ke dalam tubuh ini. Tapi buah dan sayur, tetap yang utama. Alasan utama mengapa saya jadi vegetarian adalah untuk kesehatan, baik fisik dan mental. Mengapa mental? Lihatlah betapa brutalnya para pencincang daging, dan mereka yang memakan segalanya. Sudah jelas semuanya itu berasal dari keseharian mereka.

You are what you eat. Sebuah semboyan yang kita tahu bersama, namun mungkin kurang kita resapi, tertutup dalam hawa nafsu dan keegoisan manusia. Ada juga pepatah mengatakan, kita dapat mengendalikan seluruh tubuh kuda, dengan kekang di mulutnya. Walau manusia berbeda dengan kuda, tapi saya yakin, jika seseorang tidak dapat menahan mulut atau selera, yang hanya sejengkal lebarnya, ia pun pasti kesusahan mengendalikan anggota tubuhnya yang lain. Apa yang kita makan, akan mengalir dalam darah kita, dan keluar masuk dalam otak kita. Zat-zat berbahaya tersebut menghalangi otak mengeluarkan kemampuannya yang sebenarnya.

Dan saya baru saja melihat artikel dari seorang inventor (penemu) yang merupakan penemu arus listrik bolak balik, Nikola Tesla. Dan artikelnya dapat anda baca di sini. Mengagumkan. Dan saya tertegun, apakah ia seorang vegetarian? Dan hal itu benar! bahkan beberapa penemu lainnya juga masuk dalam grup ini. Di antaranya:

  1. Albert Einstein (struggling for many years, but become a veg in his last year)
  2. Da Vinci (maybe because he avoids hurting other creatures)
  3. Nikola Tesla
  4. Srinivasa Ramanujan (Indian mathematician)
  5. Gandhi
  6. Van Gogh
  7. Thomas Edison (because of his illness, and he had regained his normal health)
  8. Phytagoras
  9. Isaac Newton

Dan, saya berpikir, tidak ada gunanya juga kalau dia vegetarian, tapi tetap melakukan hal buruk lainnya, tidak cocok untuk di sebar di blog saya, misalnya masih merokok, atau minum minuman keras. Saya melakukan pencarian, terutama untuk Tesla. Dan ternyata dia tidak minum teh, tidak minum kopi, tidak merokok. Namun dia seorang peminum, bahkan ia yakin bahwa ia dapat hidup lebih lama jika ia tidak berhenti minum alkohol. Dia berhenti hanya karena larangan negara…

OK, anda berpikir post ini jadi tidak berarti, karena fakta tersebut? Tapi, lihat, ada sesuatu yang dapat kita ambil.

Vegetarian membuatmu menjadi seorang yang lebih penurut, dapat mengendalikan dirimu, hawa nafsumu. Menggarisbawahi post saya sebelumnya, Butterfly Effect.

Percayalah.

Leave a Reply

