Enam Tahapan Membeli Sesuatu

dalam dunia ini, semua orang mencoba untuk mempelajari kelakuan manusia, untuk dapat mencari pola-pola tertentu, sehingga dapat digunakan sebagai informasi penting untuk mencapai hal yang kita inginkan. Ketika seorang penjual ingin menjual produknya, ia pasti ingin tahu apa sebenarnya yang dicari oleh calon pembeli. Ia ingin agar setiap tindakan yang dilakukan, membuatnya semakin dekat dengan saat dimana sang calon pembeli berubah menjadi pembeli, dan kemudian dapat membeli lagi pada suatu saat (return buyer).

pada saat ini saya juga sedang menjual sebuah produk, sebuah kaos, dan saya pun penasaran mengenai tahapan seseorang membeli sesuatu. kadang kita berpikir, ketika melihat daftar nama kontak di hp kita, hmm, dia tidak mungkin membeli produk saya, atau orang ini tidak mengerti produk saya. ternyata itu salah, kita membiarkan calon pembeli ini berada di tahap 0 dari 6 tahap pembelian. Di lain sisi, kadang kita didatangi calon pembeli, dan ia bertanya macam-macam, tetapi kemudian menghilang tidak jadi membeli, tetapi ada juga calon pembeli yang datang, bertanya sedikit, langsung bayar di tempat. dimanakah mereka dalam tahap-tahap pembelian? Inilah yang saya ingin sampaikan :

  1. Tahapan pertama, dimana seseorang sadar akan kebutuhannya terhadap suatu produk. Dia sadar adanya kebutuhan atau adanya kesempatan untuk membeli barang tertentu.
  2. Tahap kedua, seseorang akan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk tersebut. Bagaimana produk tersebut digunakan, siapa saja pesaingnya, dan semacamnya. Harga, lokasi, service, hal-hal ini juga dicari pada tahap ini.
  3. Tahapan ketiga adalah tahap dimana seseorang menyatakan pada dirinya, ya, saya memang membutuhkan produk ini. Pada tahap ini seseorang meraya yakin untuk membeli barang tertentu.
  4. Tahap keempat, adalah preferensi. Tahap pemilihan berdasarkan kondisi keuangan, kesukaan terhadap satu nilai tertentu dari sebuah brand, dan semacamnya. Pada tahap ini, seseorang mulai mengerucutkan pilihan.
  5. Tahap kelima adalah tahap yang paling membutuhkan keahlian seorang salesman. Tahap konfirmasi. Seseorang pada tahap ini akan mendatangi langsung toko yang menjual barang yang ia ingini, dan bertanya langsung kepada representatif yang ada, yaitu salesman. Jika gagal dipuaskan oleh jawabannya, ia akan pindah ke toko lain. Kadang juga pada tahap ini seseorang akan mendatangi orang yang sudah membeli barang yang ia inginkan, dan meminta pendapat langsung dari mereka.
  6. Tahap keenam, yang terakhir, adalah tahap keputusan membeli. Ia yakin, dan ia membelinya.

Setiap manusia cenderung untuk melewati tahap-tahap di atas dalam membeli sebuah barang baru. Jadi anda sebagai penjual dapat mempelajarinya dan menggunakan metode yang tepat untuk setiap tahap agar produk anda cepat laku terjual. Terima kasih!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s